Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Angka Satuan Sampai dengan Ratusan dalam Bahasa Jerman


Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Setelah beberapa minggu berkenalan tentang kesempatan tinggal di Jerman, kali ini kita akan belajar tata bahasa yaitu tentang angka (Zahlen). Angka pasti digunakan dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga di Jerman. Namun sayangnya penyebutan angka dalam bahasa Jerman berbeda dengan bahasa Indonesia. Untuk memudahkan penulisan dan penyebutan angka tersebut kita akan bagi menjadi beberapa bagian mulai dari satuan, belasan, puluhan, ratusan, dan ribuan. Jadi simak baik-baik ya sob.

Penulisan dan Pengucapan Angka 0-10 dalam Bahasa Jerman

Berikut adalah angka 0 sampai dengan 10 yang wajib kalian tahu karena akan menjadi dasar diangka selanjutnya. Jangan lupa beberapa vokal yang berdampingan atau diftong yang pernah kita pelajari ya sob, seperti pengucapan ei, eu, ie dan sebagainya. Simak juga cara membacanya.
        0 null dibaca null
1 eins dibaca ains
2 zwei dibaca tswai
3 drei dibaca drai
4 vier dibaca viir
5 fünf dibaca fuhnf ig
6 sechs dibaca zex
7 sieben dibaca ziiben
8 acht dibaca akht
9 neun dibaca noin
10 zehn dibaca tsen

Penulisan dan Pengucapan Angka 11-19 dalam Bahasa Jerman

Selanjutnya yaitu angka belasan, mulai dari 11 s.d 19. Khusus untuk angka 11 dan 12 memiliki penyebutan khusus, sedangkan untuk angka 13 - 19 tinggal menambahkan -zehn dibelakangnya. Khusus untuk angka 16 tidak perlu menambahkan -s dibelakangnya dan 17 menghilangkan -en dibelakangnya. Berikut penulisan dan pengucapannya.
        11 elf  dibaca elf
12 zwölf dibaca tsvolf
13 dreizehn dibaca dreitsen
14 vierzehn dibaca viirtsen
15 fünfzehn dibaca fuhnftsen
16 sechzehn dibaca zextsen (INGAT: bukan sechszehn)
17 siebzehn dibaca ziibtsen (INGAT: bukan siebenzehn)
18 achtzehn dibaca akhttsen
19 neunzehn dibaca nointsen

Penulisan dan Pengucapan Angka Puluhan dalam Bahasa Jerman

Selanjutnya yaitu angka puluhan. Angka puluhan dalam bahasa Jerman sangatlah mudah, kalian tinggal menambahkan -zig dibelakangnya. Eits, tapi ada beberapa pengecualian diangka 20, 30, 60, dan 70 ya. Berikut cara penulisan dan pengucapannya.
        20 zwanzig dibaca tswantsih
30 dreißig  dibaca draitsih
40 vierzig dibaca viirtsih
50 fünfzig dibaca fuhnftsih
60 sechzig dibaca zextsih (INGAT: bukan sechszig)
70 siebzig dibaca ziibtsih (INGAT: bukan siebenzig)
80 achtzig dibaca akhttsih
90 neunzig dibaca nointsih

Jika sobat SD ingin menambahkan angka satuan di belakang puluhan maka kalian dapat menyebutkan angka satuan di depan ditambah kata "und" kemudian puluhan. Ingat ya sob, kata "und" hanya digunakan untuk menggabungkan angka satuan dan puluhan, tidak dapat digunakan untuk ratusan atau ribuan. Khusus untuk penulisan satuan dan puluhan ini angka 6 dan 7 ditulis seperti biasa tanpa mengurangi -s dan en di belakangnya. Berikut untuk lebih jelasnya.
        21 = 1 + 20
ein und zwanzig

21 : einundzwanzig
22 : zweiundzwanzig
23 : dreiundzwanzig
24 : vierundzwanzig
25 : fünfundzwanzig
26 : sechsundzwanzig
27 : siebenundzwanzig
28 : achtundzwanzig
29 : neunundzwanzig

Penulisan dan Pengucapan Angka Ratusan dalam Bahasa Jerman

Angka ratusan dalam bahasa Jerman ditambahkan dengan kata -hundert dibelakang angka seperti 600 (sechshundert), 800 (achthundert). Pada angka ratusan hanya pada angka 100 yang mengalami perubahan yakni dituliskan tanpa huruf -s dibelakang angka satu, untuk angka lainnya dituliskan seperti bentuk aslinya. Berikut cara penulisan dan pengucapannya.
        100 einhundert dibaca ainhundert
200   zweihundert      dibaca tswaihundert
        389 dreihundertneunundachtzig  dibaca draihundertnoinundakhttsih
750 siebenhundertfünfzig         dibaca ziibenhundertfuhnftsih
999 neunhundertneunundneunzig dibaca noinhundertnoinundnointsih        
Bagaimana sobat SD, susah atau tidak membaca angka dalam bahasa Jerman? Pasti untuk pemula sedikit membingungkan ya, apalagi penulisannya tanpa jeda atau spasi. Jadi penulisan angka tersebut memang harus digabung ya sobat SD. Tips untuk pemula kuasi terlebih dahulu angka satuan dan puluhan karena itu yang akan menjadi dasar. Selanjutnya untuk ratusan dan ribuan akan mengikuti. Untuk materi berikutnya tentang angka ribuan silakan lihat di sini.

Tetap semangat dalam belajar bahasa Jerman ya sob. Sekian untuk pembahasan angka. Sampai jumpa pada postingan berikutnya. Jangan lupa tuliskan komentar untuk pertanyaan, kritik, dan saran. Danke!

Sumber foto:
https://unsplash.com/photos/GQ327RPuxhI

Posting Komentar untuk "Mengenal Angka Satuan Sampai dengan Ratusan dalam Bahasa Jerman"