Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Level Bahasa Jerman yang Wajib Kamu Ketahui

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) sebelum belajar bahasa Jerman ada hal yang perlu kalian ketahui yakni tentang tingkatan atau level bahasa Jerman. Kenapa sih penting untuk tahu level bahasa Jerman? Hal ini untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuan sobat SD semua dalam berbahasa Jerman. Apalagi untuk kalian yang ingin kuliah atau bekerja di Jerman tentu akan membutuhkan sertifikat bahasa Jerman. Nah, untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut sobat SD perlu mengikuti ujian bahasa Jerman yang diselenggarakan oleh Goethe Institut. Ujian tersebut nantinya juga diselenggarakan berdasarkan level bahasa Jerman kalian. Tanpa panjang lebar mari kita bahas level atau tingkatan dalam belajar bahasa Jerman.

Level Bahasa Jerman

Level bahasa Jerman sudah ditetapkan oleh Badan Bahasa Eropa yaitu berupa kerangka acuan bahasa standar Eropa atau biasa disebut GER (Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen). Level bahasa Jerman ada enam yakni mulai dari A1 - C2. Level tersebut dibagi menjadi tiga bagian yakni tingkat dasar (A1-A2), tingkat menengah (B1-B2), dan tingkat ahli (C1-C2). Masing-masing tingkatan tersebut memiliki cakupan untuk kemampuan apa saja yang harus dikuasai. Berikut penjabaran untuk masing-masing level bahasa Jerman.

Level A1

Pada level A1 diharapkan pembelajar mampu mengenali, memahami, serta dapat menggunakan kalimat sederhana untuk menjelaskan hal yang konkrit pada kehidupan sehari-hari. Mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain, serta mampu bertanya tentang orang lain, seperti dimana mereka tinggal, siapa yang mereka kenal atau apa yang dimiliki mereka, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya. Mampu menggunakan bahasa yang sederhana dalam berkomunikasi jika lawan bicara berbicara agak lambat, bersedia membantu lawan bicara jika muncul kesulitan dalam berkomunikasi.

Level A2

Pada level A2 diharapkan pembelajar mampu mengenali dan memahami kalimat yang berhubungan langsung dengan tema pembahasan (seperti informasi tentang seseorang dan keluarganya, kebiasaan berbelanja, pekerjaan, dan lingkungan sekitar). Mampu berkomunikasi pada situasi kebiasaan sehari-hari, ditunjukkan dengan adanya kemampuan saling tukar informasi secara langsung tentang hal yang dilakukan sehari-hari. Mampu menggunakan kalimat sederhana untuk menjelaskan asal-usul, pendidikan, lingkungan sekitar, dan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan utama.

Level B1

Pada level B1 diharapkan pembelajar mampu memahami topik utama dalam sebuah pembahasan seperti halnya pekerjaan, pendidikan, waktu luang dan menggunakan bahasa Jerman dasar yang mudah dipahami. Mampu mengatasi permasalahan kebahasaan ketika berada di negara berbahasa Jerman. Mampu memaparkan dengan jelas pokok bahasan tertentu yang disukai. Mampu menceritakan dengan singkat tentang pengalaman, kejadian, impian, harapan, serta tujuan hidup dan memberikan alasannya.

Level B2

Pada level B2 diharapkan pembelajar mampu memahami permasalahan dari teks yang rumit, baik pada tema konkrit maupun abstrak, serta mampu memahami sebuah diskusi dengan pokok bahasan tertentu. Mampu dengan langsung dan lancar dalam berkomunikasi dengan Native Speaker sehingga terjadi percakapan yang lancar diantara keduanya. Mampu menyampaikan pendapat dengan jelas tentang beberapa pokok bahasan, serta mampu membahas pokok bahasan tersebut dengan tema yang aktual, serta mampu memaparkan baik dan buruknya sebuah keputusan yang diambil.

Level C1

Pada level C1 diharapkan pembelajar mampu memahami beragam teks yang panjang dan rumit, serta mampu menangkap makna tersembunyi dalam teks tersebut. Mampu dengan langsung dan lancar dalam menyampaikan pendapat, tanpa ada jeda untuk mencari kata yang sesuai. Mampu menggunakan bahasa Jerman sesuai sasaran di berbagai bidang seperti sosial, pendidikan, dan perkuliahan. Mampu menjelaskan pokok bahasan yang rumit dengan jelas, terarah, dan detail dengan menggunakan bantuan yang ada di dalam teks secara tepat.

Level C2

Pada level C2 diharapkan pembelajar mampu memahami dengan mudah semua yang didengarkan dan dibaca. Mampu menangkap informasi dari berbagai sumber baik lisan atau tulisan, serta mampu memaparkan kembali apa yang ditangkap tersebut. Mampu menyampaikan sesuatu dengan tepat, langsung, dan lancar serta mempunyai keterampilan berbahasa yang sangat baik sehingga mampu memaparkan pokok bahasa yang rumit.

Nah, itu dia penjabaran singkat tentang apa saja yang harus dikuasi pada setiap level atau tingkatan dalam belajar bahasa Jerman secara umum ya sobat SD. Dalam setiap level mencakup empat keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Masing-masing keterampilan tersebut juga memiliki penjabaran lebih detail apa saja yang harus dikuasi. Simak lebih jelasnya dipostingan berikutnya ya sobat SD. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini jika ada pertanyaan atau saran. Danke! 

Sumber:

https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/kon/stu.html

https://www.europaeischer-referenzrahmen.de/

Posting Komentar untuk "Level Bahasa Jerman yang Wajib Kamu Ketahui"