Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Ujian A1 Bahasa Jerman (Goethe-Zertifikat A1)

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Adakah diantara kalian yang sedang mempersiapkan untuk ujian A1? Sudah berapa persen persiapan kalian? Jangan sampai pas waktu ujian kalian kurang persiapan ya. Buat kalian yang belum tahu, untuk menyatakan kalian mampu dalam berbahasa Jerman maka harus ditunjukkan dengan kepemilikan sertifikat berbahasa Jerman. Syarat kepemilikannya tentu harus mengikuti ujian bahasa Jerman. Apa saja dan bagaimana sih bentuk ujiannya? Yuk kita simak ulasan berikut.

Apa itu ujian Goethe-Zertifikat A1?

Sobat SD masih ingatkah pembahasan kita tentang tingkatan atau level bahasa Jerman? Yap, dalam bahasa Jerman ada enam tingkatan bahasa dan yang paling mendasar adalah tingkat A1. Jadi kalau kalian mengaku bisa bahasa Jerman dasar maka harus bisa melalui ujian A1 ini ya. Untuk semua ujian bahasa Jerman yang terstandar dan diakui di seluruh dunia diselenggarakan oleh Goethe Institut. Sobat SD bisa mendaftarkan diri ke Goethe Institut untuk mengikuti ujian A1. Selanjutnya pihak Goethe akan mengatur jadwal kapan diselenggarakan ujian tersebut.

Apa saja yang menjadi capaian dari ujian A1 ini? Sobat SD bisa membaca kembali materi kita tentang Level Bahasa Jerman. Jadi intinya ketika kalian sudah lulus ujian A1 maka sudah memenuhi kriteria standar capaian untuk kemampuan bahasa A1.

Manfaat Ujian Goethe-Zertifikat A1

Ketika sobat SD sudah lulus dan memiliki sertifikat A1 banyak benefit yang didapatkan juga lho. Selain membuktikan keberhasilan sobat SD belajar di jenjang A1 juga ada manfaat lainnya, contohnya bisa untuk melamar Au-Pair di Jerman, salah satu syarat dalam pembuatan visa bagi sobat SD yang ingin menyusul suami/istri yang tinggal di Jerman, memiliki sertifikat resmi yang diakui secara internasional. 

Komponen Ujian Goethe-Zertifikat A1

Seperti halnya dalam belajar bahasa Jerman yang terdiri dari empat keterampilan, ketika ujian A1 pun juga terdiri dari empat keterampilan yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan ini akan diujikan sesuai tujuan capaian untuk tingkat A1.

Lama pengerjaan untuk ujian A1 adalah 90 menit dengan rincian 20 menit mendengar, 25 menit membaca, 20 menit menulis, dan 15 menit berbicara. Biasanya ujian akan dibagi dalam dua sesi yaitu sesi ujian tertulis dan ujian berbicara. Setelah selesai ujian tertulis peserta bisa istirahat sejenak, kemudian akan dilanjutkan dengan ujian berbicara. Nah berikut ini rincian apa saja yang akan diujikan pada masing-masing keterampilan

- Mendengar: Kalian akan diperdengarkan percakapan sehari-hari yang singkat, pesan lewat telepon, atau pengumuman melalui pengeras suara di tempat umum. Kemudian kalian akan diberikan pertanyaan yang sesuai dengan keadaan tersebut.

- Membaca: Kalian akan diberikan teks seperti catatan singkat, papan iklan, papan petunjuk atau pengumuman. Kemudian akan ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.

- Menulis: Kalian akan diminta mengisi formulir sederhana dan menulis teks singkat tentang keadaan sehari-hari.

Berbicara: Kalian akan diminta memperkenalkan diri kepada kelompok. Kemudian mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tentang kehidupan sehari-hari.

Biaya Ujian Goethe-Zertifikat A1

Buat sobat SD yang sudah mempersiapkan dengan matang materi yang akan diujikan selanjutnya bisa mendaftar ke Goethe Institut. Pastikan kalian sudah menguasai materi dengan baik ya, karena biaya ujian A1 ini tidak murah. Sayang kan apabila sudah bayar mahal dan tidak lulus. Biaya ujian A1 sekitar Rp 1.800.000. Biasanya harga bisa berubah tergantung dengan kurs saat itu. Apabila kalian pernah kursus A1 di Goethe Institut dan berjarak maksimal enam bulan akan ada potongan harga untuk biaya ujian. Biaya ujian ini akan berbeda tiap levelnya. Semakin tinggi level bahasa Jerman yang diujikan maka biaya ujian akan semakin mahal. Jadi selain persiapan belajar sobat SD juga harus persiapan untuk pembayarannya ya.

Demikian penjelasan singkat tentang seputar persiapan ujian A1 Goethe Zertifikat. Untuk mengetahui model atau contoh ujian A1 kalian bisa buka pada laman Contoh Soal Ujian A1 Goethe Zertifikat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan kalian bisa tinggalkan pesan di kolom komentar. Danke!


Sumber:

https://www.goethe.de/ins/id/id/sta/jak/prf/gzsd1/inf.html

Posting Komentar untuk "Persiapan Ujian A1 Bahasa Jerman (Goethe-Zertifikat A1)"