Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BFD, Relawan ke Jerman Tanpa Batas Usia

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Kali ini kita masih akan membahas tentang kesempatan tinggal di Jerman. Banyak yang bertanya-tanya adakah program ke Jerman untuk usia diatas 27 tahun? Jawabannya ada ya sobat SD. Buat kalian yang ingin ke Jerman tetapi baru tahu info cara untuk ke Jerman sekarang jangan khawatir ya karena banyak program menuju Jerman yang dapat kalian tempuh, diantaranya adalah BFD. Apa itu BFD dan apa saja syarat mendaftarnya, yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu BFD di Jerman?

BFD adalah singkatan dari Bundesfreiwilligendienst. Program ini sama dengan FSJ yakni program relawan yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman dan dapat diikuti oleh semua orang dari belahan dunia mana pun, asalkan sesuai dengan syarat yang diajukan. Bagi sobat SD yang ingin mengikuti program ini tetapi sudah berusia di atas 27 tahun jangan khawatir ya karena program ini memang ditujukan untuk relawan yang berusia 27 - 99 tahun dalam artian tidak ada batasan usia. Program ini juga diperbolehkan bagi sobat SD yang sudah menikah.

Untuk bisa mendaftar menjadi BFD sama dengan FSJ yakni ada bulan tertentu untuk pendaftaran, yaitu Februari-Maret dan Agustus-September. Sobat SD yang melamar menjadi BFD juga akan mendapatkan akomodasi dan uang saku seperti halnya FSJ. Lalu apakah yang membedakan hanya usia saja? Berikut penjelasan tentang perbedaan antara FSJ dan BFD berdasarkan informasi yang tertera pada laman sozialeinsatz.de

Apa Perbedaan FSJ dan BFD?

1. Usia. Sudah jelas ya sobat SD. Untuk prgoram FSJ bisa diikuti bagi kalian yang berusia 18 - 27 tahun, sedangkan BFD untuk usia 27 tahun ke atas (tanpa batas usia).

2. Berapa kali boleh mendaftar. Untuk FSJ hanya boleh dilakukan sekali seumur hidup, jadi apabila sobat SD sudah selesai dalam satu kontrak maka tidak boleh mendaftar lagi di tempat lain untuk program yang sama. Berbeda halnya dengan BFD kalian dapat mengulanginya setelah 5 tahun. Jadi semisal tahun ini sobat SD sudah menyelesaikan kontrak sebagai BFD, maka lima tahun yang akan datang boleh melamar kembali.

3. Jam Kerja. FSJ memiliki waktu kerja penuh dalam seminggu yakni 40 jam per minggu, berbeda dengan BFD karena bagi relawan yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau murni relawan maka mereka bekerja penuh dalam seminggu, sedangkan relawan yang memiliki pekerjaan tetap dan ingin mendaftar sebagai BFD hanya untuk sampingan maka mereka dapat mengambil paruh waktu. Biasanya jam kerja paruh waktu yaitu 20 jam per minggu.

4. Bisa dilakukan di luar Jerman? Untuk FSJ bisa, tetapi untuk BFD tidak dapat dilakukan di luar Jerman.

5. Träger atau pihak penyelenggara. Untuk FSJ pihak penyelenggara yaitu pemerintah daerah sedangkan BFD langsung pemerintah pusat. Jadi yang berhubungan dengan kontrak kerja dan penempatan ditangani oleh masing-masing pemerintah sesuai dengan yang akan kalian lamar. 

6. Seminar. Untuk FSJ seminar diadakan 25 kali dalam setahun, sedangkan BFD apabila kalian berusia diatas 27 tahun maka boleh memilih seminar sesuai dengan kebutuhan saja meskipun jumlah seminar yang diadakan juga sama.

Apa syarat untuk melamar BFD?

Bagi kalian yang ingin melamar menjadi BFD maka persyaratannya sama dengan FSJ, hanya berbeda pada usia saja. Berikut persyaratannya.

1. Usia 27 tahun ke atas. Apabila kalian sudah berusia 26 tahun lebih jangan khawatir ya. Kalian tetap bisa mendaftar sebagai FSJ dan ketika sudah akan memasuki usia 27 tahun kalian bisa beralih ke BFD dengan tempat yang sama. Untuk proses pemindahan ini akan dibantu oleh pihak penyelenggara, jadi visa kalian akan berubah dari FSJ menjadi BFD.

2. Sertifikat bahasa Jerman. Lagi-lagi bahasa menjadi syarat mutlak ya sobat SD. Untuk melamar BFD minimal sobat SD memiliki sertifikat bahasa Jerman tingkat A2, namun apabila sobat SD memiliki sertifikat B1 jauh lebih baik karena akan memudahkan dalam berkomunikasi ketika di Jerman.

3. Daftar riwayat hidup (Lebenslauf) dalam bahasa Jerman

4. Surat motivasi (Motivationsbrief) dalam bahasa Jerman

5. Paspor

Demikian pembahasan singkat tentang BFD. Bagaimana sob masih tertarik untuk tinggal di Jerman? Tidak ada kata terlambat usia untuk mencoba hal baru. Selagi ada kesempatan maka disitu ada jalan. Jangan takut untuk mencoba dan jangan takut untuk gagal karena kegagalan itu ketika kalian tidak mencoba sama sekali. Tetap semangat sobat SD dalam belajar bahasa Jerman. Silakan tinggalkan kritik, saran, atau permintaan materi lainnya di kolom komentar ya. Danke!


Sumber:

https://www.sozialeinsatz.de/infos/unterschied-fsj-und-bfd-bundesfreiwilligendienst

https://unsplash.com/photos/y3ZY6qFln_g?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Posting Komentar untuk "BFD, Relawan ke Jerman Tanpa Batas Usia"