Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aupair, Pertukaran Budaya ke Jerman

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Setelah seminggu beraktivitas saatnya mempersiapkan untuk memulai hari Senin dengan semangat baru. Jangan lupa sempatkan waktu untuk belajar bahasa Jerman buat sobat SD yang persiapan akan bekerja atau studi ke Jerman karena belajar bahasa itu tidak instan seperti mie ya sob. Butuh belajar dan latihan yang cukup jadi jam terbang kalian harus tinggi. Berbicara tentang tinggal di Jerman kali ini kita akan membahas salah satu cara yang dapat kalian tempuh. Sudah pernah dengan tentang Aupair? Apa sih sebenarnya Aupair itu? Yuk kita bahas bersama.

Apa itu Aupair di Jerman?

Aupair merupakan salah satu program dari pemerintah Jerman yang tujuannya memberikan kesempatan kepada generasi muda di luar Jerman untuk merasakan kehidupan langsung di Jerman. Melalui program ini diharapkan generasi muda dapat bertukar pengalaman, budaya, memperdalam bahasa Jerman bersama dengan keluarga Jerman (host family). Jadi program ini semacam homestay.

Program ini tentu memberikan banyak manfaat bagi generasi muda. Jadi tenang sob, semua kebutuhan tinggal, asuransi, dan makan ditanggung oleh keluarga Jerman kalian. Begitu banyak manfaat yang kalian dapatkan bukan. Eits, kalau sudah mendapatkan semua fasilitas tersebut lantas bagaimana dengan keluarga Jerman kalian? Nah, sebagai imbalan atas fasilitas tersebut, sobat SD akan dimintai bantuan dalam mengasuh anak mereka dan membantu pekerjaan ringan rumah tangga. INGAT ya sob perlu dicatat, hanya pekerjaan ringan bukan semua pekerjaan rumah karena kalian di Jerman bukan sebagai pembantu yang harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah. Jika kalian mengalami hal tersebut maka kalian dapat melaporkannya.

Apa Tugas Aupair di Jerman?

Melanjutkan masalah pekerjaan seorang Aupair, jadi ketika sobat SD tinggal bersama sebuah keluarga di Jerman biasanya akan dimintai tolong akan dua hal yakni

1. Membantu mengurus anak dari keluarga Jerman : untuk tugas yang satu ini biasanya sobat SD akan dimintai tolong seperti menjemput atau mengantar sekolah, menemani bermain, atau menemani belajar. Jadi sobat SD akan menjadi saudara tertua di rumah tersebut, maka tentu adik-adik sobat akan mengajak bermain atau belajar bersama. Jangan pernah merasa bahwa kalian sedang bekerja, tapi anggap kalian sedang belajar bersama karena kosakata bahasa Jerman sobat akan banyak terasah dengan berbicara dengan anak-anak tersebut.

2. Membantu mengerjakan pekerjaan ringan rumah tangga : untuk pekerjaan ringan ini misalnya menyedot debu, berbelanja, membersihkan meja, mencuci, atau menyetrika. Semua tugas ini tidak dikerjakan semua ya sob, jadi salah satu atau salah dua saja. Jadi hal ini biasanya bisa dikomunikasikan dengan ibu asuh kalian, mana pekerjaan yang menurut kalian ringan dan bisa kalian kerjakan. Semua tugas-tugas ini tertera di dalam kontrak Aupair jadi misal semua pekerjaan berat diserahkan kepada sobat SD maka dapat melaporkannya. Meskipun hal ini jarang sekali terjadi karena sebagian besar orang Jerman taat pada hukum dan kontrak yang sudah disepakati. Oh ya sob jam kerja Aupair itu seminggu hanya 30 jam ya, jadi sisanya kalian bebas jalan-jalan. Biasanya weekend kalian bebas untuk melakukan aktivitas yang kalian inginkan.

Apa Syarat Menjadi Aupair?

Syarat untuk mendaftar sebagai Aupair sangat mudah, berikut diantaranya:

1. Sertifikat bahasa Jerman minimal tingkat A1. Nah bahasa Jerman tetep jadi syarat utama ya sob. Jadi pemerintah Jerman tidak ingin kalian terlunta-lunta di sana kalau tidak bisa bahasanya. Minimal kalian harus memiliki sertifikat A1. Selanjutnya kalian bisa melanjutkan kursus bahasa Jerman langsung di Jerman.

2. Usia maksimal 26 tahun. Program Aupair ini memang dibatasi usia ya sob, jadi khusus kalian yang memiliki usia minimal 18 dan maksimal 26 tahun bisa mencobanya. Program ini terbuka untuk laki-laki maupun perempuan.

3. Belum pernah menikah. Syarat yang satu ini jelas ya sob, jadi program ini memang khusus untuk generasi muda yang masih single.

4. Suka terhadap dunia anak. Hal ini wajib ya sob, apalagi ketika kalian nanti menuliskan surat motivasi maka penting ditunjukkan kalau kalian menyukai anak-anak karena hal itu yang akan membuat calon keluarga Jerman kalian tertarik.

Apa Manfaat Menjadi Aupair di Jerman?

Ketika kalian menjadi Aupair di Jerman maka kalian dapat merasakan manfaat antara lain.

1. Biaya tinggal, asuransi, dan makan ditanggung oleh keluarga Jerman (Gast Familie). Jadi makan setiap hari menjadi tanggung jawab keluarga kalian di Jerman. Sobat SD tidak perlu takut kelaparan ya. Kecuali jika kalian ingin jajan atau jalan-jalan sendiri keluar maka kalian harus membayarnya sendiri.

2. Uang saku (Taschengeld) 280 Euro per bulan. Uang saku ini sudah bersih ya sob, tidak dipotong pajak.

3. Kesempatan kursus bahasa Jerman. Jadi selama kalian mengikuti program Aupair maka mendapatkan kesempatan untuk kursus bahasa Jerman. Keluarga kalian harus mengizinkan dan memberi waktu kalian untuk kursus bahasa Jerman. Untuk biaya kursus ini harus kalian bayar sendiri ya sob, jadi pinter-pinter nabung uang sakunya. Namun ada juga beberapa keluarga yang membayarkan kursus Aupairnya, tapi hal ini tidak wajib ya sob.

4. Mendapatkan uang transport 50 Euro ketika kursus bahasa Jerman. Nah jadi sobat SD selama kursus bahasa juga mendapatkan tambahan uang transport dari keluarga kalian. Kalau kurusnya sudah selesai maka biaya 50 Euro ini tidak lagi diberikan ya sob.

5. Kesempatan jalan-jalan keliling Jerman dan Eropa. Wah yang satu ini pasti semua mau ya sob. Makanya harus bisa menabung dan menghemat uang saku kalian sob karena untuk jalan-jalan sendiri yang tidak bersama keluarga maka kalian harus membayar sendiri. Ada juga beberapa keluarga yang suka traveling ke luar negeri dan mengajak Aupairnya, nah kalau yang ini lumayan banget bisa sekalian keliling dunia ya sob. Buat kalian yang tidak diajak jalan-jalan sama keluarga bisa juga lho jalan-jalan sendiri. Di Jerman banyak travel yang menyediakan paket wisata ke Swiss, Paris, Austria, Belanda dan sebagainya. Enaknya lagi sobat SD tidak membutuhkan visa untuk jalan-jalan ke negara tersebut.

6. Kesempatan kerja dan studi di Jerman. Setelah menyelesaikan program Aupair selama maksimal 1 tahun ini, sobat SD bisa mencicipi program lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman seperti FSJ, BFD, Ausbildung, atau melanjutkan studi di Jerman. 

Bagaimana seru ga sob jadi Aupair di Jerman? Ini merupakan salah satu langkah yang bisa kalian tempuh untuk bisa tinggal di Jerman. Jangan patah semangat ya dalam belajar bahasa Jerman, meski susah pasti membuahkan hasil. Silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran, atau permintaan materi apa yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Danke!

Sumber:

https://pixabay.com/id/photos/ibu-putra-gelembung-meniup-bermain-2935723/

Posting Komentar untuk "Aupair, Pertukaran Budaya ke Jerman "