Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Penyebutan Angka Ribuan dalam Bahasa Jerman

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Setelah lama tidak belajar kini kita akan lanjutkan pelajaran terakhir yaitu tentang angka. Bagaimana sudah hafal angka 1 sampai 10 dalam bahasa Jerman? Setelah belajar tentang angka dasar kini kita akan bahas tentang penulisan dan penyebutan angka ribuan untuk tahun dan nominal angka ribuan biasa selain tahun.

Penulisan dan Pengucapan Angka Ribuan dalam Bahasa Jerman

Setelah mempelajari angka satuan sampai dengan ratusan kini kita lanjutkan belajar mengenal angka ribuan dalam bahasa Jerman. Semua angka ribuan dalam bahasa Jerman ditambahkan dengan kata -tausend dibelakang angka seperti 600 (sechstausend), 900 (neuntausend). Berikut cara penulisan dan pengucapannya.

4387 viertausenddreihundertsiebenundachzig dibaca viirtauzen draihundert ziiben und akhttsih

1300  eintausenddreihundert     dibaca aintauzen draihundert

Perbedaan Penyebutan Angka Ribuan dalam Bahasa Jerman

Seperti dalam bahasa Indonesia, ketika menyebutkan angka ribuan dalam bahasa Jerman juga memiliki perbedaan ketika menyebutkan untuk nominal tahun dengan uang atau angka ribuan lainnya. Misalnya dalam bahasa Indonesia ketika menyebutkan tahun 1945 kita bisa menyebutkannya dengan seribu sembilan ratus empat puluh lima atau menyebutnya dengan sembilan belas empat lima. Hal tersebut ternyata juga terjadi dalam bahasa Jerman meski ada sedikit perbedaan, yakni dalam bahasa Jerman penyebutan angka tidak satu persatu mulai dari ribuan sampai satuan melainkan langsung menyebutkan ribuan dan puluhan. Contoh berikut ketika menyebutkan angka 1992 untuk tahun dan untuk nominal lainnya selain tahun.

die Jahr (tahun) : 1992 neunzehnhundertzweiundneunzig dibaca nointsenhundert tswai un nointsih

die Zahl (angka): 1992 eintausendneunhundertzweiundneunzig dibaca aintausend noinhundert tswai und nointsih

Nah kurang lebih seperti itulah sobat SD penulisan dan pengucapan angka ribuan dalam bahasa Jerman. Jika sobat SD memiliki pertanyaan silakan tulis dalam kolom komentar. Terima kasih sudah belajar bahasa Jerman bersama. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Danke!



Posting Komentar untuk "Perbedaan Penyebutan Angka Ribuan dalam Bahasa Jerman"