Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ausbildung di Jerman Gratis

Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Masih semangat kan buat belajar bahasa Jerman. Apalagi buat kalian yang ingin kuliah atau tinggal di Jerman maka wajib banget ya untuk terus belajar bahasa Jerman. Tahukah kalian sobat SD, selain kuliah ada juga lho kesempatan untuk tinggal di Jerman melalui Ausbildung. Kira-kira sobat SD sudah tahu belum apa itu Ausbildung? Yuk kita simak bersama.

Apa itu Ausbildung di Jerman?

Ausbildung adalah program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman dan lulusannya diakui di seluruh dunia. Ausbildung bisa juga disebut program pelatihan sambil bekerja. Lamanya program ini bergantung pada bidang yang sobat SD akan ambil, namun kurang lebih tiga tahun. Bagi sobat SD yang sedang ada di jenjang SMA atau SMK dan setelah lulus masih bimbang untuk melanjutkan kuliah atau ingin bekerja tetapi belum memiliki skill khusus bisa banget mencoba program ini. Bagi kalian yang sudah lulus kuliah di Indonesia tetapi ingin mencoba melamar program ini juga tetap bisa ya sobat. Jadi untuk mengikuti program Ausbildung ini sobat SD tidak diwajibkan untuk melewati jenjang universitas. Setelah kalian lulus program ini akan mendapatkan sertifikat dan gelar Fachkraft atau tenaga ahli.

Bagaimana sobat SD tertarik untuk ikut program Ausbildung di Jerman? Oh ya sobat SD, program Ausbildung ini kalau di Indonesia setara dengan Diploma 3 (D3) namun bedanya gelar dan pengalaman lulusan Ausbildung ini diakui di seluruh negara, keren kan pastinya. 

Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung

Tahukah kalian sobat SD manfaat mengikuti program Ausbildung ini banyak sekali lho, diantaranya:

1. Mendapatkan sertifikat keahlian yang berlaku di seluruh dunia khususnya di negara Uni Eropa. Namun kalian hanya diperbolehkan untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kalian saja ya.

2. Meningkatkan kualitas SDM dan tentunya jenjang karir terjamin. Apalagi Jerman menjadi pusat otomotif dunia, jadi kalian berkesempatan untuk bergabung dengan perusahaan otomotif ternama.

3. Mendapatkan asrama khusus. Jadi sobat SD selama mengikuti Ausbildung juga dapat tinggal bersama dengan Azubi (peserta program Ausbildung) dari seluruh dunia. Namun, ada juga Azubi yang memilih tinggal di luar asrama.

4. Mendapatkan gaji sejak awal bulan pertama menjadi Azubi. Besaran gaji yang kalian terima sebesar 800 - 1100 Euro per bulan (belum dipotong pajak). Gaji ini masih setara orang magang ya. Nantinya ketika kalian sudah lulus dan mendapatkan gelar barulah diakui sebagai tenaga profesional dan akan mendapatkan gaji dua kali lipatnya.

5. Mendapatkan full cover asuransi kesehatan. Jadi sobat SD tidak perlu khawatir tentang kesehatan dan keselamatan selama menjadi Azubi terjamin.

6. Memiliki hak cuti 24 hari kerja selama satu tahun. Jadi sobat SD yang ingin jalan-jalan keliling Eropa juga bisa ya selama mengikuti program ini.

Wah banyak sekali ya sobat SD manfaat mengikuti program Ausbildung ini. Gimana jadi tambah semangat kan belajar bahasa Jermannya. Semoga memantik semangat sobat SD ya dalam belajar karena pastinya untuk melamar program ini ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi.

Syarat Ausbildung di Jerman

Untuk bisa mendaftar program Ausbildung sobat SD harus mempersiapkan apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Berikut diantaranya syarat umum dan administrasinya.

1. Syarat pendidikan minimal SMA atau sederajat dengan nilai rata-rata 6 / 8 khusus untuk bidang teknik. Bagi kalian yang sudah lulus diploma atau sarjana juga masih berkesempatan untuk mendaftar. Sobat SD yang belum memiliki pengalaman kerja jangan khawatir karena kalian juga berkesempatan mendaftar.

2. Rentang usia 19-27 tahun bagi kalian yang lulusan SMA yang belum memiliki pengalaman dan maksimal 35 tahun untuk lulusan diploma atau sarjana yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang Ausbildung yang diminati minimal satu tahun. Untuk rentang usia ini masih menjadi perdebatan karena ada yang menyebutkan tidak ada batasan usia, namun ada juga yang menyebutkan maksimal 35 tahun. Jadi untuk lebih pastinya sobat SD bisa menanyakan langsung kepada pihak penyelenggara Ausbildung yang akan kalian lamar. 

3. Sertifikat bahasa Jerman dari Goethe-Institut dengan level minimal B1 hingga C1 (bergantung pada pihak penyelenggara). Sertifikat ini bersifat wajib ya karena akan memudahkan sobat SD dalam berkomunikasi selama mengikuti program Ausbildung.

4. Ijazah dan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Jadi sobat SD bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah ya untuk pengurusan dokumen yang satu ini.

5. Daftar riwayat hidup (Lebenslauf) dalam bahasa Jerman

6. Surat motivasi (Motivationsbrief) dalam bahasa Jerman

7. Surat lamaran dalam bahasa Jerman

8. Paspor dan visa (apabila sudah diterima)

Nah itu tadi persyaratan yang harus sobat SD persiapkan agar bisa mengikuti program Ausbildung di Jerman. Jangan lupa sambil belajar bahasa Jerman juga persiapkan dokumen-dokumen di atas ya.

Jurusan Ausbildung di Jerman

Setelah melihat semua persyaratan dan benefit yang didapatkan selanjutnya sobat SD harus tahu juga apa saja sih jurusan Ausbildung yang ditawarkan.

1. Ausbildung Perhotelan

2. Ausbildung Restoran

3. Ausbildung Koch atau juru masak

4. Ausbildung Mekatronik (mekanika dan elektronik)

5. Ausbildung Perawat

Bagaimana, adakah salah satu jurusan di atas yang sobat SD minati? Buruan segera persiapkan diri kalian untuk meraih cita-cita yang cemerlang. Oh ya sobat SD untuk deskripsi pekerjaan yang dilakukan pada masing-masing jurusan Ausbildung di atas akan kita bahas pada materi berikutnya ya. Sekian dulu untuk pembahasan awal tentang Ausbildung. Semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar untuk saran dan kritik atau ingin membahas tentang artikel apa lagi. Danke!


26 komentar untuk "Ausbildung di Jerman Gratis"

  1. Jerman.. ini negara yang kaya Jepang kalo di Asia. Pusat teknologi dunia di segala bidang.. khususnya engineering.. 1 dari 2 kutub besar teknologi otomotif dunia.. Rupanya ini salah satu yang membuat Jerman tetap menjadi negara maju dan unggul dalam teknologi, karena sistem pendidikannya luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali kak Yayan. Sistem pendidikannya memang bagus. Jadi dari awal siswa sudah diarahkan mau kemana.

      Hapus
  2. Kebetulan banget saya sedang mencari cari tentang ausbildung. Kemarin saya ada lihat salah satu orang yang saya follow di IG sedang tinggal dan kerja amal gitu di Jerman. Penasaran gimana prosedur dan pendidikan khususnya. Terima kasih sudah menuliskan artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama kak. Memang untuk program di Jerman banyak sekali, selain Ausbildung ada FSJ (kerja sosial), Au-Pair dan masih banyak lainnya. Tunggu postingan berikutnya ya kak akan kita bahas satu persatu.

      Hapus
  3. Saya fokusnya ke hak cutinya, enak banget ya dapat 24 hari per tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak. Makanya sekali liburan orang Jerman pasti lama banget. Anak sekolah pun juga sama, banyak liburnya. Sepertinya setiap pergantian musim ada aja liburnya.

      Hapus
  4. Ini program yang bagus. Dan, sialnya saya selalu terbentur pada umur. Padahal pengin sekali belajar bahasa Jerman dan tinggal di Jerman. Seumur-umur baru sekali saya menginjakkan kaki di Jerman, yaitu tahun 2010.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren kak, kalau sudah ngerasain tinggal di Jerman pasti mau balik lagi ya.

      Hapus
  5. Sangat bermanfaat nih infonya buat yang pengen lanjut karir di jerman. Makasih kak infonya.

    Btw gajinya lumayan juga ya. Bisa sampai 16 juta sebulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama kak. Bener banget kak, di Jerman itu keringat seseorang benar-benar dihargai. Makanya di sana banyakan semua diminimalisir pakai mesin biar ga banyak bayar orang karena untuk memperkerjakan orang mahal.

      Hapus
  6. Wah mantep nih programnya, bisa menjadi salah satu solusi utk meningkatkan kompetensi SDM & referensi pendidikan informal.. smoga banyak yg bisa ikut join program tsb, terutama bagi temen2 yg masih punya banyak waktu luang & mencari relasi pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak. Banyak program untuk bisa kerja dan tinggal di Jerman tergantung kita mau berusaha mencari dan belajar.

      Hapus
  7. Boleh juga program ini. Coba sudah tahu dari dulu, mungkin bisa direkomendasikan ke tanteku. Sempet bingung dia milih-milih program pendidikan di Jerman. Sekarang udah pilih lembaga lain dan udah di jerman anaknya.
    thank you infonya kaaaa

    BalasHapus
  8. Padahal masih dalam proses belajar, tapi mereka menghargai pelajar sampai segitunya. Pantas Jerman menjadi negara yang maju pendidikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak. Para Azubi ini selain magang juga ada praktiknya jadi memang mereka ikut terjun bekerja dan pastinya dapat upah untuk itu. Keren ya kak, upahnya juga lumayan.

      Hapus
  9. Jerman memang termasuk negara yang disegani. Selain militer, pendidikannya cukup dikenal bagus. Dulu saya sempat tertarik melanjutkan study ke Jerman. Hanya saja kendala bahasa. Bahasa Jerman hanya digunakan di negara Jerman saja. Tetap Jerman termasuk destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib dikunjungi banget kak. Oh ya kak sekedar info kalau bahasa Jerman bisa digunakan juga di Swiss dan Austria lho.

      Hapus
  10. Ini yang membedakan lowongan kerja di luar negeri dan di Indonesia yaa..
    Kalau mendaftar program Ausbildung, gak perlu ada pengalaman kerja di bidang serupa dengan jumlah minimal sekian tahun bekerja.

    Nyaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak. Jadi ketika Ausbildung akan diajari semua dari dasar banget. Enak ya kak.

      Hapus
  11. Waaah keren banget 🤩 sayang usia saya sudah lewat. Andai dulu saya tahu ttg program ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, mungkin bisa mencoba program BFD atau kerja sosial kak. Itu bisa diambil dengan syarat usia 27 tahun ke atas.

      Hapus
  12. Saya baru dengar tentang Ausbildung ini. Syaratnya harus bagus di bidang teknik, ya? Tapi ada jurusan perhotelan? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus bagus di bidang teknik kak. Kak Putu bisa melamar sesuai dengan bidang yang diminati.

      Hapus
  13. program yang perlu ditiru oleh pemrintah indo ini, untuk menuingkatkan kualitad dan produktifutas masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak. Program ini bagus juga kalau ada di Indonesia.

      Hapus