Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FSJ ke Jerman, Kerja Sosial yang Dibayar


Hallo sobat SD (Sterne Deutsch) apa kabar? Bagaimana masih semangat ingin tinggal di Jerman? Banyak jalan menuju Jerman yang dapat kalian lewati. Kalau kemarin kita sudah berkenalan dengan Ausbildung maka kali ini kita akan berkenalan dengan FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr). Program ini juga dapat mengantarkan sobat SD untuk bisa tinggal di Jerman. Apa itu FSJ dan syarat agar bisa mendaftar, yuk kita bahas bersama.

Apa yang dimaksud FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr)?

FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) adalah program relawan atau kerja sosial yang dilakukan di berbagai lembaga di Jerman, seperti lembaga pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Program ini berlangsung minimal 6 bulan dan maksimal 18 bulan. Untuk sobat SD yang ingin mengenal lingkungan kerja di Jerman, kehidupan sosial, dan meningkatkan kemampuan bahasa Jerman kalian bisa banget mencoba program yang satu ini. Jadi buat sobat SD yang baru lulus SMA atau sederajat dan belum ingin melanjutkan kuliah bisa juga mencoba program ini.

Untuk bisa melamar FSJ ada waktu tertentunya ya sobat, tidak bisa sewaktu-waktu. Biasanya penerimaan FSJ dibuka dua kali dalam setahun, yaitu bulan Februari-Maret dan Agustus-September. Namun dokumen dan berkas pendaftaran sudah harus dikirimkan sebelum jadwal yang ditentukan tersebut. Jadi pada bulan tersebut sobat SD sudah mulai aktif sebagai FSJ.  

Apa manfaat yang didapatkan dari FSJ?

Bagi sobat SD yang mengikuti program FSJ tentu saja akan mendapatkan banyak manfaat. Meski kerja sosial atau sukarelawan, pemerintah Jerman tetap memperhatikan kesejahteraan hidup para sukarelawan ini lho. Berikut benefit yang akan kalian dapatkan sobat SD.

1. Tempat tinggal gratis, yah benar sekali. Jadi selama sobat SD menjadi sukarelawan dalam sebuah lembaga maka pihak penyelenggara akan menyediakan asrama atau tempat tinggal untuk para sukarelawannya. Sobat SD tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat tinggal, enak kan sob.

2. Asuransi kesehatan gratis, nah yang ini pasti dan wajib hukumnya ya sobat SD. Jerman termasuk negara yang taat banget masalah asuransi. Jadi selama kalian di sana asuransi kesehatan 100% dijamin oleh lembaga penyelenggara.

3. Uang saku. Besaran uang saku yang didapatkan minimal adalah 360 Euro. Berdasarkan informasi dari laman ich-will-fsj.de per tahun 2022/2023 uang saku minimal yang kalian dapatkan adalah 410 Euro per bulan. Namun ada juga beberapa pihak penyelenggara yang memberikan uang saku lebih dari ketentuan tersebut. Jadi semua bergantung pada pihak penyelenggara ya sobat SD. Oh ya sobat SD, uang saku ini sudah tidak dikenakan pajak lagi ya.

4. Mendapatkan hak cuti 26 hari per tahun. Bagi sobat SD yang ingin jalan-jalan keliling Jerman atau Eropa bisa banget ya mengambil cuti tersebut.

5. Sertifikat. Setelah sobat SD menyelesaikan program FSJ maka akan mendapatkan sertifikat sesuai dengan bidang yang sobat SD kerjakan ketika kerja sosial. Sobat SD bisa menggunakan sertifikat ini sebagai pendukung ketika ingin melamar kuliah atau Ausbildung di Jerman. 

6. Mendapatkan kartu FSJ. Kartu ini merupakan kartu sakti, maksudnya dengan kartu ini sobat SD bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti potongan untuk penggunaan transportasi, akses gratis ke museum, kolam renang, dan sebagainya.

7. Seminar. Selama sobat SD mengikuti program FSJ maka dapat kesempatan juga untuk mengikuti berbagai seminar yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara atau dari luar. Lumayan kan sob bisa ikut seminar gratis, semakin banyak ilmu yang didapatkan.

8. Terbuka kesempatan berkarir atau kuliah di Jerman. Biasanya sobat SD yang sudah mencicipi tinggal di Jerman akan ketagihan nih. Nah sobat SD bisa mengawali karir di Jerman atau ingin melanjutkan kuliah. Kesempatan terbuka lebar sobat SD. Apalagi kalau sobat SD sudah memiliki pengalaman sebagai FSJ biasanya akan menjadi pertimbangan ketika melamar ke program Ausbildung.

Apa pekerjaan yang dilakukan ketika FSJ?

Pasti sobat SD bertanya-tanya apa saja yang dikerjakan ketika kerja sosial di Jerman. Nah kalau yang satu ini berbeda-beda ya sob karena bergantung pada lembaga apa yang sobat SD lamar. Di Jerman terdapat bermacam-macam lembaga penyelenggara diantaranya sekolah, taman kanak-kanak, panti jompo, panti untuk anak disabilitas, rumah sakit, gereja, dan sebagainya. Aktivitas yang sobat SD akan jalani tentu saja bergantung pada kebutuhan lembaga tersebut.

Oh ya sobat SD, untuk jam kerja yang berlaku adalah 40 jam/minggu. Jadi sobat SD juga mendapatkan hak libur ya, tidak full bekerja setiap hari.

Apa syarat untuk melamar FSJ?

Sebelum melamar program FSJ maka berikut syarat umum dan administrasi yang harus sobat SD persiapkan.

1. Usia 18 - 27 tahun. Sobat SD yang masih berusia 17 tahun belum boleh ya ikut program ini, begitu juga yang lebih dari 27 tahun. Tapi tenang saja apabila sobat SD sudah berusia lebih dari 27 tahun bisa mengikuti program BFD.

2. Sertifikat bahasa Jerman. Lagi-lagi bahasa menjadi syarat mutlak ya sobat SD. Untuk melamar FSJ minimal sobat SD memiliki sertifikat bahasa Jerman tingkat A2, namun apabila sobat SD memiliki sertifikat B1 jauh lebih baik karena akan memudahkan dalam berkomunikasi ketika di Jerman.

3. Daftar riwayat hidup (Lebenslauf) dalam bahasa Jerman

4. Surat motivasi (Motivationsbrief) dalam bahasa Jerman

5. Paspor

Demikian pembahasan kita tentang FSJ ya sobat SD. Untuk informasi tentang kesempatan tinggal di Jerman lainnya akan kita bahas di postingan berikutnya. Jangan lupa follow untuk update informasi tentang Jerman lainnya. Silakan tinggalkan komentar untuk pertanyaan, kritik, dan saran. Danke!


Sumber:

https://ich-will-fsj.de/informiere-dich/was-ist-ein-fsj

https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/eng/pas/pal/pal/fsj.html

https://www.pexels.com/photo/three-people-donating-goods-6646918/

30 komentar untuk "FSJ ke Jerman, Kerja Sosial yang Dibayar"

  1. Kak, biaya makan sehari di Jerman berapa Euro? Tempat tinggalnya termasuk dikasih makan juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biaya makan selama jam kerja FSJ ditanggung oleh pihak penyelenggara kak. Tetapi apabila pada hari libur atau diluar jam kerja bisa memasak sendiri atau membeli makanan di luar. Untuk peserta FSJ biaya makan sendiri kurang lebih 100 Euro per bulan.

      Hapus
  2. Info yang bagus nih. Kak, apa bisa share info tentang pendidikan di Jerman utk anak-anak yang tertarik untuk kuliah disana? danke schön.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Bisa kak, nanti postingan berikutnya kita akan berbagi juga tentang bagaimana langkah untuk bisa kuliah di Jerman ya.

      Hapus
  3. Menarik banget Kak infonya. Jerman sepertinya salah satu negara yang memang sangat matang dalam pengelolaan hal semacam ini. Semua diatur dengan baik dan lengkap, sehingga relawan pun bisa bekerja dengan bahagia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar sekali kak. Jerman juga membuka lebar peluang untuk warga negara asing bisa tinggal dan bekerja di sana. Keren ya kak!

      Hapus
  4. Wah ini sangat bermanfaat sekali.. Sepertinya penuh keseriusan menjalani kerjaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini hanya pekerjaan relawan sebenarnya tetapi banyak juga manfaatnya untuk pendatang. Bisa menjadi batu loncatan untuk kerja dan kuliah di Jerman.

      Hapus
  5. Wah sangat menarik sekali kak, bahkan lulusan SD pun bisa masuk, sangat bermanfaat untuk pengetahuannya kak, thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Saya ralat sedikit ya kak, bukan untuk lulusan SD. hehe. SD di sini adalah singkatan dari Sterne Deutsch. Panggilan kami untuk pembaca yaitu sobat SD.

      Hapus
  6. Waah seru banget yaa Jerman punya program relawan kaya gini. Anak mudanya jadi bermanfaat yaa disana. Menarik! Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangat kak. Bahkan pemuda di luar Jerman pun juga bisa mengikuti program ini.

      Hapus
  7. Senang sekali membaca pengalaman teman teman dari Indonesia yang ikut FSJ di Jerman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Sudah banyak anak bangsa yang ikut mencoba program ini. Apalagi syaratnya hanya bisa bahasa Jerman. Yuk coba ikutan kak.

      Hapus
  8. informasi yang semestinya diketahui para mahasiswa dan pelajar nih.. jadi bisa ngejar belajar bahasa jerman selama kuliah, trus mendaftar agar bisa merasakan atmospher kehidupan orang jerman yang terkenal pekerja cerdas dan keras.. secara cari kerja di Indonesia mah susah, ini bisa jadi solusi buat meningkatkan kompetensi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak. Pertama memang harus memulai belajar bahasanya terlebih dahulu. Bisa share info ini kak biar banya yang tahu juga tentang info ke Jerman, :-)

      Hapus
  9. Wah menarik banget kak bisa tinggal di Jerman dan bekerja disana, untuk persiapannya berarti harus bisa berbahasa Jerman ya dan ini stay disana maksimal berapa lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak. Syarat utama harus bisa bahasa Jerman dan dibuktikan dengan memiliki sertifikat bahasa Jerman. Untuk program ini minimal 6 bulan dan maksimal 18 bulan. Misal tetap ingin tinggal di Jerman bisa mengikuti program lainnya dan jangan lupa untuk mengganti jenis visa bergantung dari program yang diikuti.

      Hapus
  10. Saya baru dengar ada program FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) ini. Ternyata banyak jalan menuju Roma. Program FSJ ini apa ada syarat batas umur atau syarat khusus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Putu. Untuk program FSJ ini maksimal usia 27. Untuk usia di atas 27 bisa ikut program BFD https://www.sternedeutsch.com/2022/09/apa-itu-bfd-jerman.html

      Hapus
  11. Kudunya diarahkan sejak SMA gitu ya.. kalau ingin sekolah di Jerman atau menetap setelahnya.
    Karena kepentingannya semua bergantung sekali dengan syarat mutlaknya yakni memiliki Sertifikat bahasa Jerman. Memang orang kalau memiliki spesific skill bakalan bisa melalang buana.. Terima kasih untuk informasinya, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali kak. Sayangnya penggunaan bahasa asing di Indonesia tidak merata, ada beberapa sekolah yang menggunakan bahasa Jerman dan ada pula yang tidak.

      Hapus
  12. artikel yang bagus, insightfull mengenai fsj di jerman. syaratnya harus punya sertifikat bahasa jerman ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak. Iya benar sekali kak. Syaratnya harus memiliki sertifikat bahasa Jerman.

      Hapus
  13. Menarik sekali kak, kak bisa di share untuk biasa pendidikan di sana. karena tertarik juga untuk melanjutkan pendidikan anak di jerman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak. Nanti kita share juga ya perihal biaya dan cara untuk bisa kerja dan kuliah di Jerman.

      Hapus
  14. Wahh saya jadi ingat nih kak, masa sma dulu, belajar bahasa Jerman. Cuma sampai sekarang nggak paham. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus dong kak sudah pernah belajar bahasa Jerman. Bisa dibuka ulang dan dipelajari lagi kak. Gampang kok sebenarnya kak asal benar-benar ditekuni :-)

      Hapus
  15. Makasih sharingnya, jadi tau aktivitas sosial di Jerman. Ga jauh beda dengan aktivitas sosial di Indonesia ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak. Kerja sosial memang ada di semua negara, hanya regulasinya saja mungkin yang berbeda.

      Hapus